Wilujeng Sumping^^

Selamat datang di sini, silahkan menikmati hidangan yang ada. Alakadarnya saja ya..
Ga usah terlalu serius lah:)

Selasa, 13 Juli 2010

Analisis SOSTAC Terhadap Bank Muamalat Syariah

Analisis SOSTAC Terhadap Bank Muamalat Indonesia.

Latar Belakang

Dalam satu dasawarsa ini, pertumbuhan bank syariah di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Melihat betapa ekspansifnya bank-bank syariah dalam membuka cabangnya di seluruh pelosok daerah. Bank Syariah Mandiri adalah salah satu contoh yang menapaki pertumbuhan pesat ini. Lahir sebagai follower, kini berubah menjadi kompetitor yang potensial bagi Bank Muamalat Indonesia (BMI) yang notabene merupakan market leader dalam dunia perbankan syariah di Indonesia. Atas dasar dikeluarkannya fatwa haram untuk bunga oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), sedikit banyak tentu saja turut memberi kontribusi pada percepatan pertumbuhan bank syariah di masa yang akan datang. Namun bila tidak dikelola dengan baik, maka akan menjadi bumerang dan menyerang balik bila perusahaan belum memiliki kapasitas yang memadai untuk melayani pasarnya dengan cara yang memuaskan. Pengkajian yang menyeluruh untuk melihat peluang-peluang apa saja yang dapat yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja bisnis yang ada.

Meski telah tumbuh, rasio pertumbuhannya dirasa masih sangat kecil jika dibandingkan dengan total pasar perbankan yang ada di Indonesia. Berdasarkan data statistik yang telah diterbitkan BI pada Februari 2007, bank syariah telah memiliki aset sebesar Rp 28,45 triliun atau dengan market share 1,63 %. Bank Indonesia sebagai regulator perbankan nasional pun mengambil langkah-langkah akselerasi perbankan syariah dengan mematok target 5% market share dikuasai oleh perbankan syariah pada akhir tahun 2008. Adapun Bank Muamalat Indonesia (BMI) sebagai pemain utama perbankan syariah, turut menjadi penentu bagi tercapainya target jangka pendek tersebut. Namun, mengingat akhir tahun 2010 tinggal enam bulan lagi, maka target tersebut rasanya sangat sulit untuk dicapai. Terlebih, kondisi perekonomian global sedang menampakkan kelesuan yang teramat sangat, bahkan negara-negara pasar utama Indonesia menunjukkan perlambatan perekonomian.

Oleh karenanya dalam makalah ini, penulis akan coba menganalisa Bank Muamalat Indonesia yang seperti telah disebut diawal adalah market leader dalam dunia perbankan syariah di Indonesia, terlebih lagi pada februari 2010 lalu, BMI masuk dalam top brand dalam katagori Bank syariah.

Penulis akan memakai analisis SOSTAC untuk menggali sejauh mana BMI dapat mempertahankan posisinya sebagai market leader dan Top Brand, karena kita tahu pesaing terberatnya, yakni Bank Syariah Mandiri (BSM) terus menempel ketat di belakang. Selain itu lewat analisis SOSTAC pula kita akan mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran BMI untuk bertahan ditengah dunia perbankan syariah di Indonesia.

Pembahasan
Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Bank Muamalat Indonesia

B. Analisis SOSTAC

Langkah 1 : Situation

Dunia perbankan di Indonesia semenjak satu dasawarsa terakhir diramaikan dengan pemain baru, yakni industri perbankan syariah. Pada tahun 1991, Bank Muamalat Indonesia berdiri pertama kalinya sebagai Bank Syariah. Sebagai Market Leader, BMI terus memimpin pasar perbankan syariah, dengan slogan “Pertama dan Murni Syariah” BMI berhasil menarik minat konsumen dengan baik. Ditambah dengan strateginya menggandeng PT.Pos Indonesia dalam bentuk penjualan Paket Tabungan Share-e ditiap kantor cabang PT.Pos Indonesia semakin memudahkan calon nasabah yang ingin membuka account atau tabungan di BMI, karena Kantor Pos dapat ditemukan sampai tingkat kecamatan diseluruh Indonesia. Tidak hanya di perkotaan, tapi juga di pelosok daerah. Saat ini BMI telah memiliki 261 outlet. Layanan BMI juga dapat dengan mudah diakses nasabah di daerah-daerah terpencil karena bank ini telah beraliansi dengan lebih dari 3.800 kantor pos online dengan menggunakan system online payment point (SOPP).

Hingga akhir tahun 2004, Bank Muamalat tetap merupakan bank syariah terkemuka di Indonesia dengan jumlah aktiva sebesar Rp 5,2 triliun, modal pemegang saham sebesar Rp 269,7 miliar serta perolehan laba bersih sebesar Rp 48,4 miliar pada tahun 2004. Bahkan dalam laporan tahunan 2007, BMI membukukan total aset Rp 10,57 triliun dan laba bersih sekitar Rp 145 milyar. Artinya, respective 2007, BMI menguasai sekitar 37,15% market share perbankan syariah atau 0,61% market share perbankan nasional.
Dalam 10 tahun terakhir, BMI juga memperoleh tidak kurang dari 52 penghargaan, diantaranya adalah BMI as The Best Of Indonesian Bank Loyalty Champion, Category Sharia Banking pada IBLA 2009, Indonesia Bank Loyalty Award, pada Banking Efficiency Award 2009 dari Bisnis Indonesia, Best Islamic Finance House In Indonesia dari Alpha Southeast Asia Awards, BMI Best Performance Bank Kategori Bank Umum Syariah & UUS dari ABFI Banking Award 2009, Peringkat Sangat Bagus Atas Kinerja Keuangan 2004-2008 dari Info Bank Golden Trophy 2009, The Best Of "Indonesian Bank Loyalty Champion", Category Saving Account, Islamic Banking dari Indonesia Bank Loyalty Award (IBLA) 2010, Best Islamic Bank in Indonesia dari Islamic Finance News Award 2009. Oleh karenanya, tidak aneh jika pada februari 2010, BMI meraih Superbrand yang ketiga kalinya sejak 2004.

Kompetitor terdekat BMI adalah Bank Syariah Mandiri (BSM) anak perusahaan dari Bank Mandiri ini terus menempel ketat BMI, BMI bergantian dengan BNI syariah menduduki posisi runner up dalam kompetisi perbankan syariah dari tahun ke tahunnya. Kompetisi yang serius tampaknya memang tengah dilewati tiga bank syariah besar, yaitu BMI, BSM, dan BNI Syariah. Dilihat dari sisi tabungan, BMI telah menjadi penguasa terbesar dengan pangsa 42,28% dari total tabungan bank syariah. Penguasa pasar tabungan bank syariah terbesar kedua dipegang BSM dengan pangsa 29,14%. Sementara, BNI Syariah hanya menguasai 9,54% dari total tabungan bank syariah saat ini.
Memasuki pertengahan tahun ini, perebutan dana di perbankan syariah diramalkan oleh banyak pengamat perbankan syariah kian tajam. Nasabah pencari margin dari tabungan yang makin paham bahwa bagi hasil di bank syariah lebih menjanjikan ketika suku bunga rendah, akan kembali mengincar bank syariah untuk menempatkan dananya.
Dari hasil pengamatan penulis, berikut adalah bagan analisis SWOT kondisi Bank Muamalat Indonesia

Stength:
• Visi dan budaya organisasi BMI
• Citra BMI (pertama, terbesar, termurni, terbaik)
• Mekanisme bisnis dan produk bank syariah
• Aliansi strategis penunjang layanan produk (PT.Pos, BCA)

Weakness
• Sumber daya insani (SDI) yang belum memadai
• Rasio kecukupan modal (CAR)
• Minimnya pendampingan PT. Pos


Opportunity
• Keingintahuan masyarakat
• Ghiroh KeIslaman semenjak War of terorism
• Ghiroh BI mengembangkan bank syariah
• Krisis global karena sistem ribawi dan ghoror
• Kerja sama lembaga keuangan luar negeri
• Minat investor asing Muslim

Threat
• Pemahaman masyarakat atas bank syariah yang kurang
• Minat masyarakat atas produk bank syariah yang masih rendah
• Follow up inovasi produk bank syariah


Langkah 2 : Objectivitives

1. Membangun kesadaran masyarakat (muslim khususnya) untuk beralih ke Bank Syariah.
2. Mengubah kesadaran awereness, attention hingga desire terhadap bank syariah hanya kepada Bank Muamalat Indonesia.

Langkah 3: Strategy

Citra (image) BMI sebagai bank syariah yang pertama di Indonesia, terbesar market share-nya, termurni sumber dan mekanismenya, serta terbaik perlakuannya adalah kekuatan kedua yang dapat diberdayakan BMI. Citra baik BMI ini harus dieksploitasi dalam berbagai kesempatan, terutama ketika memasarkan kepada nasabah. Sebab, setiap yang pertama, biasanya lebih tahu apa yang dilakukan dan apa yang merintangi. Setiap yang terbesar, biasanya lebih memiliki kekuatan untuk menghindarkan diri dari potensi kerusakan internal dan eksternal. Setiap sumber dan mekanisme yang murni, selalu memberikan hasil yang insya Alloh murni pula. Pada akhirnya, tertanamlah citra dan harapan bahwa setiap Muslim yang berusaha dan berbisnis selalu berusaha memberikan perlakuan yang terbaik kepada mitranya, karena begitulah Islam mengajarkan.

Pull strategy

1. Sosialisasi dan edukasi perbankan syariah. Hal ini dapat dilakukan secara mandiri ataupun dengan fasilitator BI bekerja sama dengan berbagai lembaga keuangan syariah lain, kalangan ulama, dan pemangku kepentingan umat Islam. Tetapi dalam kerangka kerja sama, BMI harus bisa memposisikan dirinya sebagai inisiator agar ketika sosialisasi dan edukasi dilakukan, bersama itu pula pasar juga ikut terjaring.
2. Pemasaran yang intensif dengan cara jemput bola, dengan cara pendampingan pada tiap kantor pos, ditiap kantor pos tersebut ditempatkan tim marketing BMI yang benar-benar memiliki product knowledge yang baik, karena seringkali ditemukan bahwa petugas kantor pos seringkali tidak tahu apa-apa tentang layanan dan produk BMI.
3. Memperkuat program-program sosial seperti CSR, ZIS, Wakaf, dan hibah.
4. Menggencarkan pemasaran lewat media, baik cetak maupun elektronik. Hal ini dilakukan untuk menaikan citra, memepertahankan reputasi dan positioning.


Push strategy

Minat masyarakat terhadap produk bank syariah dapat diperkuat dengan melakukan inovasi produk yang sudah ada (ekstensifikasi produk) atau mengembangkan produk yang lebih baru (diversifikasi produk), serta penguatan strategi marketing yang sudah ada (intensifikasi produk). Hal ini dapat dilakukan dengan menguatkan divisi pengembangan produk dan melakukan kerja sama dengan berbagai lembaga keuangan Islam, terutama yang lebih berpengalaman (e.g. BMT, IRTI). Bersama dengan itu, sumber daya insani BMI menjadi sorotan penting untuk menunjang keberhasilan marketing dan inovasi.


Langkah 4 : Tactics

Beberapa tools yang dapat dijadikan alat promosi BMI adalah sebagai berikut
• Membuat program pemberdayaan masyarakat pedesaan, karena inilah yang belum tergarap oleh bank syariah lain, padahal pangsa pasar yang bisa didapat cukup besar.
• Melakukan penetrasi pasar ke kalangan eksekutif dan pengusaha, dengan memberikan citra elegan dan terpercaya.
• Mengkampanyekan program-program sosial (seperti umroh gratis, beasiswa, santunan anak yatim dll) lewat media elektronik, Karena media elektronik (e.g TV nasional) terbukti cukup efektif sebagai sarana kampanye.
• Pendirian “Gerai Muamalat” di remote area tertentu, hal ini dimaksudkan untuk mempermudah nasabah yang ingin berkonsultasi, menyampaikan komplain dan permasalahan. Karena banyak masalah yang tidak dapat hanya diselesaikan lewat hotline customer service (SalaMuamalat) saja.
• Membuka diri terhadap media, hal ini dapat dilakukan dengan mengubah gaya public relations yang lebih ramah terhadap media, memposisikan media sebagai mitra sehingga akan terjalin hubungan simbiosis mutualisme.
• Memodifikasi gaya/style periklanan menjadi lebih dinamis dan futuristic sesuai dengan target market.



Langkah 5: Actions

• Menyusun action plan yang akan didistribusikan ke seluruh cabang BMI. Action plan ini berfungsi sebagai “kitab suci” yang akan menjadi panduan gerak.
• Membentuk tim marketing yang tangguh, tim ini nantinya akan disebar keseluruh Indonesia untuk melaksanakan action plan yang telah disusun oleh manajemen. Tim ini terdiri dari Sumber Daya Insani BMI sendiri yang telah terbukti baik kinerjanya.
• Membentuk tim promosi yang terdiri dari para praktisi periklanan dan public relations, hal ini dilakukan untuk menangani promosi BMI agar tetap bisa mempertahankan loyalitas nasabah dan membentuk citra serta positioning dimata target market.
• Menampung segala usulan yang keluar dari internal, sehingga diinternal BMI akan terjadi dinamisasi yang akan memberikan feedback kepada BMI itu sendiri.



Langkah 6: Control

Berdasarkan analisis SOSTAC dibuatlah strategi umum maksimalisasi kekuatan dan pemanfaatan peluang untuk mengatasi kelemahan dan menghadapi tantangan. Analisis dan strategi tersebut menuntut dilaksanakannya beberapa paket program. Antara lain: sosialisasi dalam dan luar negeri, edukasi, rekrutmen, pelatihan, penguatan dan perbaikan strategi marketing, intensifikasi-ekstensifikasi-diversifikasi produk, retool program hadiah dan program sosial, kerja sama riset produk dengan pihak asing, permodalan asing, pendampingan PT. Pos dan perluasan jumlah Gerai Muamalat yang efektif, serta penguatan dan rekonfigurasi aliansi yang sudah ada.
Hal-hal diatas dapat dikontrol dengan beberapa indikator, diantaranya adalah peningkatan Assets, Finacial Facilities, Thrid Party Fund, Equity, dan Net Profit. Melalui indikator-indikator tersebutlah kita akan dapat mengontrol kesuksesan program yang telah disusun. Selain itu juga dapat dilakukan monitoring media massa, hal ini berguna untuk mengukur sejauh mana BMI berhasil mempengaruhi opini publik.


Penutup

Demikianlah analisis SOSTAC ini penulis buat, semoga analisis sederhana ini dapat bermanfaat. Karena didalamnya terdapat strategi yang cukup komprehensif tentang strategi komunikasi pemasaran bagi BMI. Sehingga harapannya posisi BMI sebagai pelopor dan market leader tida tergoyahkan. Bagi penulis, Key Factor Succes BMI terletak pada Celestial Management yang ditanamkan menjadi Corporate Culture. Dengan Celestial Management, seluruh stake holder akan menyadari bahwa apapun yang kita perjuangkan hari ini sesungguhnya memiliki konteks yang lebih luas, jangka panjang, yaitu: hidup yang sejati barulah dimulai pada saat nafas terakhir terhembus. Itulah saat ketika kenisbian beranjak menuju keabadian. Inilah yang kemudian bisa menjadi ruh bagi BMI untuk terus melayani umat dengan sepenuh hati, sesuai slogannya “Pertama dan Murni Syariah”.



Bahan Bacaan

BMI. 2008. Goes to War: Laporan Tahunan 2007 (e-book). Jakarta: Bank Muamalat Indonesia.
Direktorat Perbankan Syariah Bank Indonesia. 2007. Cetak Biru Pengembangan Perbankan Syariah Indonesia (e-book). Jakarta: Bank Indonesia.
_____. 2007. Kebijakan Akselerasi Pengembangan Perbankan Syariah 2007-2008 (e-book). Jakarta: BI.
_____. 2007. Kodifikasi Produk Perbankan Syariah (e-book). Jakarta: BI.
_____. 2007. Panduan Investasi Perbankan Syariah Indonesia (e-book). Jakarta: Bank Indonesia
Kertajaya, Hermawan dkk. 2006. Marketing Syariah. Bandung: Mizan.

Website:
http://www.muamalatbank.com
http://www.ekonomi.lipi.go.id
http://www.warkopbangzero.blogspot.com

Bingung,,,


Wadezigg...

Bingung dah, gak tau apa yang kudu di lakuin.
udah 2 hari bolos kerja lantaran ngerasa gak sesuai..

tolongg.
gimana nih?

The Jakarta Tour

The Jakarta’s Tour
Sebuah coretan anak Betawi yang frustasi karena belum bisa berbuat apa-apa untuk Jakarta
Oleh: Sya’bani Takdir*



Semacam Prolog-lah kurang lebihnya

Layaknya sebuah produk, Jakarta adalah komoditi yang sangat menarik. Tak heran jika tiap tahunnya lebih dari 200 ribu orang datang untuk berusaha menjadi bagian dari sirkulasi kehidupan di Jakarta, karena memang hampir 80% perputaran uang negeri ini terjadi dijakarta.

Waktu boleh berganti, musim juga boleh datang dan pergi. Namun tidak demikian dengan kota yang satu ini, seolah tak lekang oleh zaman, semakin tua Jakarta justru semakin menarik semua orang, tua-tua keladi kata orang betawi. Hal ini terlihat dengan semakin sesaknya Jakarta, tidak hanya oleh manusia, tapi juga oleh modal, intrik dan masalah.

Semua berlomba menjadi yang paling kuasa, persetan dengan omong kosong doktrin agama, moral apalagi sekadar budaya, begitu prinsipnya. Kalau tidak percaya, mari ikut aku sebentar menjelajahi sedikit sudut dari kota megapolitan yang di bangun oleh gubernur jendral belanda sebagai pertahanan dari serangan kerajaan Banten dan Demak ini.

Jangan khawatir, aku tidak akan mengajakmu untuk membaca tulisan yang serius, karena bukankah selama ini kita sudah sangat serius menghadapi hidup? Sesekali ambil lah waktu untuk melenturkan syaraf agar tak melulu tegang. Salah satu cara terbaiknya adalah dengan mengikuti catatanku ini. Bisa jadi kau akan mengajukan pertanyaan; “bagaimana mungkin membaca catatan yang penuh dengan persoalan menjadi ajang relaksasi, salah-salah vertigoku bisa kumat.” Eits, sebentar kawan, ini adalah bagian dari tamasya intelektual, mengasah kepedulian dan kepekaan. Bahkan jauh-jauh hari Sang Nabi telah menitipkan pesan “manusia yang paling baik, adalah manusia yang paling bermanfaat untuk orang lain.” Jadi tunggu apa lagi…

Discount up to 50%!

Salemba, Kamis 17 Juni 2010. 16.00 pm

Jam sibuk bagi lalu lintas salemba, berjalan dari stasiun cikini menyusuri trotoar sepanjang RS.cipto tentunya bukan pilihan baik, namun inilah yang paling masuk akal jika ingin cepat sampai tujuan, sekretariat sebuah organisasi kepemudaan yang menjadi anak organisasi dari salah satu ormas Islam besar di Indonesia. Sesampainya di jalan salemba raya keadaan tidak cukup menggembirakan, hanya menemukan perempatan yang bersiap memuntahkan ratusan kendaraan ketika lampu hijau menyala.

Kau masih disitu kan kawan? Ya, hari ini kita akan menyusuri sebuah sudut Jakarta, Salemba Raya namanya, konon ini adalah jalan yang bersejarah karena pada tahun 60-an gerakan mahasiswa yang jengah terhadap tingkah polah penguasa mulai bergelora, tapi hari ini kita tidak akan melihat sisanya, sama saja dengan bagian Jakarta yang lain, terlalu sibuk dengan dirinya sendiri. Mahasiswa hanya asik berdebat diruang diskusi, seminar dan lokakarya. Beberapa memang masih melakukan aksi nyata, tapi jumlah mereka tak seberapa. Kau lihat lah itu, sisi kirimu adalah gedung Fak.Kedokteran UI, gedungnya masih sama memang, tapi penghuninya berbeda kawan. Tak perlulah aku ceritakan pula, karena bagian ini tidak bermaksud “mengutuk” mereka, sekadar mencolek saja mungkin.

Terlalu jauh jika kita harus berjalan menuju Kramat Raya, ayo ikut aku naik 09A tujuan senen. Hari ini kita akan menghadiri sebuah seminar keagamaan. Tenang saja kita tak perlu membayar, kita memakai undangan milik ayahku. Beliau sudah tidak berminat menghadiri acara-acara model gini, tipuan dan trik belaka katanya, hahaha.
Ups, sampai kita di gedung yang aku katakan tadi, dan hemmm.. rupanya kita salah kostum, yang datang hampir seluruhnya begaya aristokrat. Tapi tak apalah, toh undangan yang aku pegang bertuliskan “ VIP”, jadi tak akan ada yang bisa mencegah kita, bukan begitu? Di Jakarta, kedudukan dan status –tapi aku lebih senang menyebutnya “cover”- sosial menjadi penting agar bisa diterima, sepakat atau tidak, itulah kenyataannya. Kau akan lebih dipandang dan dihormati ketika masuk sebuah gedung dengan turun dari kendaraan pribadi yang mentereng dan berkaki empat, tak peduli berapapun kapasitas otakmu. Sebaliknya jangan harap mendapat senyuman atau bungkukan badan dari penjaga gerbang ketika kau turun hanya dari Bajaj atau saudara kembarnya (baca:vespa), untuk hal ini lebih baik kau tanyakan pada ayahku, beliau sering mengalaminya. Tapi tentunya berbeda saat masuk, ketika beliau keluar gedung dengan diantar sang empunya, si penjaga yang tadi membukakan pintu pun ogah kini harus tergopoh-gopoh memberi hormat, lantaran baru tahu sesungguhnya orang di depannya itu. Ah, ini hanya lelucon sarkastik khas Jakarta.

Nah, kita masuk sekarang. Agak canggung juga duduk dibarisan kedua dari depan. Konsekuensi dari undangan yang ada tulisan VIP. Lihat sekeliling mu, mereka orang-orang yang luar biasa bukan? Aku yakin, mereka adalah orang-orang yang sukses luar biasa dengan bisnisnya. Karena yang bisa masuk ke sini adalah orang-orang yang berkantong tebal, tidak percaya? Sebelum masuk tadi aku sempat berbincang dengan seorang kawan lama yang menjadi panitia, katanya satu tiket masuk dijual Rp 3.500.00o! harga yang fantastis bukan.. setidaknya untuk ukuran kita yang berbekal pas-pasan. Yang tidak punya uang, jelas tidak boleh masuk. Cukuplah bagi rakyat biasa di sirami rohaninya oleh ustadz dari kampung pinggiran kota, yang begitu ikhlas tiap harinya keluar masuk gang sempit agar mereka tak kehilangan pegangan, dan tetap punya harapan.

Acara dimulai, seperti biasa sang pembicara mengambil alih forum. Dimulailah materi pelatihannya, tentang zero mind proses, mental building, personal strength, dan sosial strength sambil diiringi oleh backsound musik yang alunannya sudah sangat kita kenal. Ssttt… sebetulnya materi-materi ini bisa kita dapatkan di bukunya loh, tapi mungkin para hadirin disini sangat sibuk, sehingga tidak sempat untuk sekadar membaca buku, kan sudah jelas prinsipnya: waktu adalah uang. Jadi dilarang menghambur-hamburkan waktu untuk kegiatan yang kurang bernilai, kata si bapak yang duduk disebelahku begitu, ketika waktu coffe break aku singgung perihal materi yang ada di buku

Sampailah kita pada sesi terakhir, beberapa lampu dimatikan. Masih diiringi alunan music instrumentalia, kita di ajak “bermuhasabah.” Merenungi kehidupan yang kita lalui selama ini. Mendadak isak tangis terdengar, di mulai dari ujung paling kanan. Tidak jelas siapa yang memulai, tapi seluruh ruangan menggema suara tangis kemudian. Ada yang lirih, juga ada yang meraung-raung.

Setelah puas bertangis-tangis. Acara pun di akhiri, dengan pesan penutup dari sang pembicara yang mengajak peserta untuk ikut di pertemuan berikutnya. Diskon menarik bagi alumni pelatihan kali ini, begitu tambah sang MC.

Wadeziggg. Aku tahu kau bingung, sama kawan aku juga. Ini sebetulnya training keagamaan atau sale dan cuci gudang? Aku mendengar kata diskon, potongan harga 50% dan sebagainya, jadi ingin tertawa. Tapi ya sudah lah, toh mereka memang beruang, jadi tak ada salahnya bukan. Lagi pula itu kan uang mereka sendiri. Tak perlu kita ributkan lah.

Pulang yuk ah, ntar terlalu malam.. lagi pula kereta sudah agak lengang pastinya. Kau tahu, sepanjang jalan aku terus beristighfar karena aku pernah terpeleset menyelenggarakan acara yang seperti demikian, walaupun tak sampai jutaan harganya, tapi tetap saja sama. Seorang bahkan membisikiku waktu itu :”mau nangis aja koq harus sampai bayar seratus ribu ya?” Ya Robbi, ampuni kami… dan kau lihat kan, di seberang jalan ada dua sampai empat anak kecil yang berlarian menyewakan payung. Aku bisa mendengar bisik batinmu, “kontras sekali dengan keadaan di dalam” begitu katanya.

Cerita tadi hanya sekelumit dari praktek jualan agama, bisnis yang laku keras akhir-akhir ini. Cerita lain lagi, tetangga kampung ku pernah kecewa saat mengadakan peringatan mauled nabi, lantaran penceramah yang merupakan ustadz terkenal dengan suara bagus dan seringkali tampil di TV membatalkan kedatangannya, karena ternyata setelah usut-punya usut kampung lain bisa membayar ustadz itu lebih mahal dari tetangga kampungku, kalau begini, kira-kira apa bedanya dengan artis dangdut?
Somad, teman kecilku juga pernah berkisah suatu kali remaja masjidnya pernah mengundang seorang habib untuk memberikan ceramah di acara isra mi’raj. Habib itu datang dan berkisah tentang perjuangan Rasulullah yang begitu luar biasa dalam menyebarkan Islam, harta dan jiwapun di korbankan. Selesai acara, somad memberikan amplop sebagai tanda terimakasih kepada sang Habib sambil mengantarkannya ke mobil. Namun sejurus kemudian, seseorang dari mobil yang utusan sang habib menyerahkan kembali amplop tadi kepada somad, katanya “Ente yang bener dong bang, masa Habib cuman di kasih 300 rebu perak. Ketuker kali ni amplop.” Somad bingung, karena remaja masjidnya memang hanya menganggarkan dana segitu untuk penceramah, pas –pasan uangnya. Bingung deh aye jadinye.

Tanpa bermaksud menyamaratakan seluruh ustadz, habib, dan ulama lainnya. Itu lah kenyataan yang terjadi kawan, bukan hanya satu atau dua kejadian, tapi banyak sudah. Entah keliru dimana. Sampai sekarang aku pun hanya bisa berharap bahwa masih banyak ulama yang ikhlas memberikan ilmunya kepada ummat, aku yakin itu. Tapi, bagaimana dengan praktek dagang agama seperti ini…

Sabar dulu ya, kita belum masuk pada bab tawaran solusi. Anggaplah ini semacam pemanasan sebelum kita melakukan lari sprint yang agak mengguncang. Karena di coretan berikutnya masih ada beberapa bab yang akan kita obrolkan, tentang budaya, moral dan sejenisnya. Jadi, nikmati yang ini dulu sajalah…

Bersambung
Yk.04072010.